in Hardware

Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Pertama Hingga Sekarang

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Generasi Komputer pertama hingga sekarang
Source : https://4.bp.blogspot.com

Pada era zaman sekarang pasti udah tidak asing lagi sama yang namanya komputer dan apa itu komputer? Hmmm, pasti yang ada di bayangan kalian adalah bentuk suatu komputer seperti PC. Nah padahal komputer itu tidak cuma PC aja melainkan ada AC, TV, Kulkas, Kalkulator bahkan mesin cuci pun  bisa kita sebut komputer.

Dahulu komputer hanya bisa untuk mengelolah data dan data, dan sekarang komputer ini serba bisa loh. Seperti yang kalian nikmatin bisa untuk main game, mendengarkan musik, membuat animasi dan film dan untuk mengerjakan tugas tugas sekolah maupun tugas kuliah. Sebuah benda elektronik yang memiliki sebuah sistem yang mengatur benda tersebut untuk bekerja dapat disebutkan sebagai komputer.

Nah berikut untuk lebih memperdalam lagi, disini kami akan menjelaskan dari sejarah komputer serta perkembangannya hingga sekarang.

Sejarah Komputer

Pada mulanya manusia ingin membuat suatu alat hitung yang cepat dan tepat, manusia selalu mencari dan menemukan suatu alat bantu hitung dan pengelolahan data yang lebih baik. Lalu pada 1000 SM – 1641 M, alat bantu hitung berkembang menggunakan tenaga penggerak mekanik yang menggunakan tenaga listrik dan pada perkembangan terakhir menggunakan sirkuit elektronik. Pada periode inilah kita memulai masuk generasi komputer.

Komputer Generasi Pertama (1946-1956)

Pada generasi ini, ciri utama  dari generasi ini diantaranya :

  • Menggunakan tabung hampa udara (vacuum tubes) sebagai sirkuitnya.
  • Ukuran fisik komputer besar sehingga memerlukan ruangan yang luas serta memakai daya listrik yang besar.
  • Memiliki media penyimpanan luar berupa magnetik tape atau magnetik drum.
  • Hanya dapat dikendalikan oleh bahasa mesin (machine language).

Adapun contoh – contoh komputer generasi pertama  diantaranya :

  • ENIAC (Electrinik Numerical Inegerator and Computer) yang dikembangkan pada tahun 1946 oleh John W. Mauchly dan J.Presper Eckert.
Komputer Generasi Pertama
Source : http://www.hnf.de
  • UNIVAC ( Universal Automatic Computer) yang menggunakan pita magnetik sebagai media input dan outputnya. Komputer ini merupakan komputer komersial pertama yang dipakai untuk Biro Sensus Amerika Serikat untuk digunakan menghitung sensus penduduk dan komputer pertama yang dibuat untuk tujuan aplikasi bisnis.
Komputer Generasi Pertama UNIVAC
Source : http://meivadikna.blog.st3telkom.ac.id
  • IBM 701 dan IBM 650 yang merupakan suatu komputer komersial berkuran besar dan juga sudah menggunakan magnetik frum untuk media penyimpanan luarnya.
Komputer Generasi Pertama IBM
Source : http://3.bp.blogspot.com

Komputer Generasi Kedua (Awal 1960-an)

Komputer ini sudah mulai populer ketika menginjak awal tahun 1960 –an dimana memiliki ciri utama dari generasi ini sebagai berikut :

  • Menggunakan tabung hampa udara (vacuum tubes) sebagai sirkuitnya.
  • Ukuran fisik komputer besar sehingga memerlukan ruangan yang luas serta memakai daya listrik yang besar.
  • Memiliki media penyimpanan luar berupa magnetik tape atau magnetik drum.
  • Hanya dapat dikendalikan oleh bahasa mesin (machine language).

Contoh komputer pada generasi ini yang dikembangkan saat itu salah satunya IBM 1401 pada tahun 1965 dan sebagian besar pada generasi ini sudah menggunaka komputer generasi ini untuk mengelola informasi keuangan.

Komputer Generasi Kedua IBM
Source : http://www.columbia.edu

Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)

Pada generasi ketiga ini berkembangannya lebih pesat namun tidak populer seperti generasi sebelumnya. Ciri ciri komputer generasi ketiga ini diantarnya :

  • Ditemukannya IC sehingga mengubah arsitektur komputer secara keseluruhan
  • Karena menggunakan IC maka kinerja komputer menjadi lebih cepat dan tepat. Kecepatannya hampir 10.000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama.
  • Peningkatan dari sisi software.
  • Kapasitas memori lebih besar, dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter (sebelumnya hanya puluhan ribu).
  • Menggunakan media penyimpanan luar disket magnetik (external disk) yang sifat pengaksesan datanya secara acak (random access) dengan kapasitas besar (jutaan karakter).
  • Penggunaan listrik lebih hemat.
  • Kemampuan melakukan multiprocessing dan multitasking.
  • Telah menggunakan terminal visual display dan dapat mengeluarkan suara.
  • Harganya semakin murah.

Adapun contoh komputer generasi ketiga ini diantaranya :

  1. IBM S/360
  2. GE 600 dan GE 235
  3. NCR CENTURY

Komputer Generasi Keempat (1971)

Pada generasi keempat ini, ciri ciri utama dari generasi ini diantaranya :

  • Mulai dikembangkan komputer micro yang menggunakan prosesor dengan general purpose microprocessor yang dikembangkan oleh Intel (Intel 8080)
  • Mulai digunakannya LSI (Large Scale Intergartion) yang merupakan pemadatan beribu-ribu IC (Integrated Circuit) dalam sebuah chip. Kemudian dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration).
  • Pada generasi ini hampir sebagian besar komputer telah menggunakan sistem operasi dengan konsep GUI (Grapihical User Interface). Seperti sistem operasi Microsoft Windows buatan Microsoft Corp.

Adapun contoh komputer generasi keempat diantaranya :

  • Apple II dimana dikembangkan oleh Steve Jobs dan Steve Wozniaka. Apple II dimana dikembangkan oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak
Komputer Apple Pertama Oleh Steve Jobs
Source : oldcomputers.ne
  • IBM PC terus berkembang mulai dari IBM PC/XT, IBM PC/ AT, IBM PC/386, IBM PC/486 yang menggunakan processor intel 8088,80286, 80386, 80486 selanjutnya seri intel Pentium.

Komputer Generasi Kelima (1985)

Sejarah komputer generasi kelima juga memiliki ciri ciri utama dari generasi ini diantaranya :

  • Di Jepang didirikan ICOT (Institute for new Computer Technology) untuk mengembangkan komputer generasi kelima, yaitu menciptakan komputer yang powerfull dan intelligent.
  • Dikembangkannya sistem komputer yang memiliki unsur artificial intelligence yang dapat mengerjakan tugas dengan karakteristik seperti manusia (intelligent, imagination, dan intuition) dengan natural language (bahasa sehari-hari).

Demikian pembahasan seputar perkembangan komputer dari generasi ke generasi. Semoga bermanfaat…

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
BAGIKAN :

Related Posts

Chocoscience
Written By:

Chocoscience adalah maskot dari situs ilmugram. "Choco" yang berarti cokelat, dikarenakan ketika sedang memikirkan nama blog. Penulis lupa jika sedang membuat cokelat panas dan menyebabkan gagang panci terbakar. Dan "Science" yang berarti Ilmu Pengetahuan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *