in Software

Penyebab Masyarakat Indonesia Tidak Bisa “Move On” Dari Windows

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Alasan Indonesia tidak Maju
Source : http://cdn.images.express.co.uk/

Sistem Operasi (Operating System) berbasis GUI (Graphical User Interface) yaitu windows memang sudah tidak asing bagi masyarakat indonesia, Windows buatan Microsoft memang dari tahun ketahun memang mengalami perubahan. Dan hal tersebut tidak luput dari perhatian hampir pengguna yang ada di Indonesia.

Windows saat ini sudah mengalami evolusi hingga untuk saat ini versi Windows 10 dan sangat diminati oleh banyak kalangan.

Tahukah kamu, jika kita masih saja berkutat dengan windows. Kamu mungkin tidak akan sadar kalau di nina bobokan dan tidak maju-maju, dan kamu akan selalu menjadi pengguna setia OS buatan Microsoft tanpa mau mencoba Operating System GUI ekonomi alias tanpa bayar (Open Source)  dan bebas dosa.

BACA JUGA : 5 Distro Linux Buatan Indonesia

Memang disayangkan, orang Indonesia menurut saya bukannya tidak mau mengenal operating system lainnya seperti Linux Ubuntu yang sudah jelas di depan mata kalau gratis dan kita dapat kembangkan sendiri. Namun coba kita lihat kurikulum di sekolah dari SD hingga SMA/SMK sudah mengarahkan murid-muridnya agar memakai OS Windws, padahal dasar kurikulum hanya menyebut kalau berbasis GUI tidak mewajibkan OS Windows.

Terus mengapa pihak sekolah malah mengarahkan peserta didiknya menggunakan OS Windows. Bahkan hampir semua lab. komputer di sekolah masih menggunakan Windows dan tidak adanya usaha memberikan pengenalan terhadap OS Open Source, contoh Ubuntu?

Sepertinya Alasan mengapa Ubuntu dan OS berbasis Linux lain tidak dapat berkembang pesat seperti windows di Indonesia adalah sebagai berikut :

  1. Sangat minim buku yang menerbitkan dan mengupas tuntas mengenai OS Ubuntu pada pembelajaran di tingkat SD hingga SMA/SMK atau bahkan hingga tingkat perkuliahan, berbeda dengan windows yang sangat mudah ditemukan bukunya.
  2. Guru lebih menguasai Windows daripada OS Open Source Ubuntu, dan bagi kebanyakan orang menganggap Ubuntu itu lebih memusingkan, karena harus di hadapkan dengan perintah Command Line kalau ingin install suatu program. Berbeda dengan Windows yang hanya perlu double click.
  3. Kurangnya dukungan aplikasi terhadap OS Open Source, sebagai contoh games saat ini sebagian besar hanya terdapat di Windows.

Menurut kami hal tersebut adalah alasan paling besar dan kami prihatin karena di sebabkan oleh hal tersebut juga, banyak terjadi pembajakan OS Windows karena tidak mau membeli dengan alasan mahal.

BACA JUGA : Peran Sistem Operasi di Kehidupan Tanpa Kita Sadari

Terlebih mencengangkan lagi adalah di sekolah tingkat SMK yang memliki jurusan (Program Studi) TKJ (Teknik Komputer Jaringan) masih saja memberikan pelajaran OS Windows sebagai pokok bahasan, baik dalam jaringan user ataupun server.

Jika OS Open Source tidak mulai dikenalkan dari awal dunia pendidikan, tentu program pemerintah yaitu Indonesia, Go Open Source (IGOS) tentu akan sia-sia saja. Padahal masyarakat saat ini sudah menikmati kehebatan Linux yaitu pada sistem operasi Android.

Coba kita bandingkan, smartphone yang memiliki OS Android harganya pasti terjangkau. Mengapa? ya karena alasan Open Source (Linux) alias gratis, coba bayangkan jika OS nya Windows. Tentu Smartphone saat ini akan memiliki harga yang selangit.

Jika kamu penasaran mengapa sih bagi beberapa orang, Sistem operasi Linux itu terbaik kamu dapat membaca nya di halaman berikut. Lalu, jika kamu tertarik ingin menggunakan Linux Ubuntu kamu membaca artikel berikut yang membahas Ubuntu dan wajib kamu tahu.

Sekian pembahasan Penyebab Masyarakat Indonesia selalu menggunakan Windows, apakah kamu masih selalu dimanjakan oleh Windows yang mahal dan tidak ingin menggunakan OS Open Source?

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
BAGIKAN :

Related Posts

Chocoscience
Written By:

Chocoscience adalah maskot dari situs ilmugram. "Choco" yang berarti cokelat, dikarenakan ketika sedang memikirkan nama blog. Penulis lupa jika sedang membuat cokelat panas dan menyebabkan gagang panci terbakar. Dan "Science" yang berarti Ilmu Pengetahuan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *