in Software

Macam-Macam Bahasa Pemograman Yang Sering Digunakan

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Bahasa Program
Source: http://geekologist.co/

Bahasa Pemograman adalah bahasa-bahasa yang dipakai seorang programmer untuk menuliskan kumpulan-kumpulan instruksi (program) dalam komputer. Menurut tingkatannya bahasa pemograman dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu bahasa pemograman tingkat rendah (Low Level Language) dan bahasa pemograman tingkat tinggi (High Level Language).

Lalu bahasa pemograman apa yang sering digunakan? Agar kamu lebih mengetahui tentang ini, simak penjelasan tentang bahsa pemograman di bawah ini.

Bahasa Assembly

Kelebihan Bahsa Assembly
Source: https://i.ytimg.com/

Bahasa tingkat rendah mempunyai hubngan yang lebih dekat dengan mesin sehingga bahasa ini biasa disebut Machine Oriented, misalnya Bahasa Assembly. Bahasa ini merupakan bahasa yang digunakan dalam banyak sistem komputer, khussunya untuk game. Contohnya, Nintendo Entertaiment System atau biasa disingkat NES, Super Nintendo Entertaiment System (SNES), Game Boy, SEGA’s Saturn, dan Genesis.

Bahasa Pemograman Assembly mempunyai kemampuan besar untuk menyelesaikan masalah spesifik yang kritis terhadap waktu. Bahasa ini lebih cepat dalam mengerjakan sesuatu, karena bahasa lain berlaku sebagai buffer layers  terhadap instruksi Bahasa Assembly. Assembly berkomunikasi langsung dengan instruksi prosesor.

Bahasa C, C++ dan Visual C++

Bahas C & C++
Source: http://www.pskills.org

Bahasa pemograman tingkat tinggi, antara lain bahasa C, yang merupakan bahasa yang unggul untuk sistem operasi Windows dan OS/2. Perintah dan sintaks bahasa C mendefinisikan cara penuisan aplikasi komputer. Sebagian besar penulis menghindari bahasa C, karena belajar menulis bahasa C seperti belajar bahasa baru. Meskipun demikian jika kamu belajar dengan sungguh-sungguh, bahasa C akan lebih cepat kamu kuasai.

Sekarang bahasa C berkembang menjadi C++, yang dibangun dengan fondasi yang sama dengan bahasa C. Namun dirancang untuk pemograman berorientasi objek (Object-Oriented Programming atau OOP). Dimana mempermudah dalam penulisan kode, apalagi kalau kamu membutuhkan banyak aplikasi yang serupa.

Sebagai contoh, jika kamu telah siap untuk membuat class dalam memainkan klip movie di format AVI Windows dalam aplikasi, maka kamu dapat membuat class baru untuk menampilkan klip movie pada format MOV dengan hanya mengubah kode format file.

Beberapa pilihan dari bahasa C++ adalah Borland C++ dan Microsoft Visual C++. Hampir semua perangkat kelas dunia dari web browser dibuat dengan menggunakan bahasa Microsoft C++ yang merupakan alat pengembang kinerja tertinggi untuk Windows dan Web.

Bahasa PowerBuilder

PowerBuilder merupakan bahasa pemograman visual generasi keempat dengan metode Rapid Application Development (RAD), yaitu metodologi pengembangan aplikasi database dengan cepat secara visual, pemograman client/server berorientasi objek, powerfull dan mudah digunakan.

Dengan menggunakan bahasa PowerBuilder kamu dapat mengembahkan Web, Client/Server dan aplikasi distribusi lebih mudah, lebih cepat dan lebih efektif biaya.

Bahasa Delphi

Delphi merupakan perangkat lunak pengembangan yang sangat terkenal di lingkungan Windows. Dengan perangkat lunak ini kamu dapat membangun berbagai aplikasi Windows, termasuk aplikasi komputer dengan cepat dan mudah. Delphi menggunakan pendekatan visual dan mempunyai fungsi yang dapat menyajikan suara yang terdapat pada berkas yang berekstensi WAV, yaitu fungsi API.

Delphi juga dapat digunakan untuk membuat program dengan Media Player yang dapat memainkan berkas suara, baik yang berupa WAV ataupun MID dan juga movie yang berbentuk AVI ataupun DAT.

Bahasa SQL Windows

SQL Windows merupakan kependekan dari Structured Query Language. SQL merupakan bahasa yang dirancang khusus untuk berkomunikasi dengan database. Tidak seperti bahsa lainnya, bahasa C atau Visual Basic, SQL diciptaan dengan sedikit kata, karena dirancang untuk memberikan kemampuan membaca dan menulis data dari suatu database dengan cara yang sederhana dan efisien.

Manfaat SQL terletak pada kemampuannya yang mendukung database besar sehingga mempelajari SQL berarti berinteraksi dengan database yang besar. SQL mudah dipelajari dan merupakan bahasa yang sangat powerfull serta mampu mengoperasikan database yang kompleks.

Bahasa Visual Basic

Visual Basic merupakan bahasa pemograman yang diciptakan oleh Microsoft. Visual Basic termasuk Bahasa Pemograman Tingkat Tinggi yang dapat digunakan dalam pengembangan aplikasi database dan web. Visual Basic bekerja dengan baik pada medium visual.

Kelebiha Visual basic
Source: https://upload.wikimedia.or

Objek seperti kotak dan window dapat dibuat relatif cepat dengan bahasa Visual Basic. Karena Visual Basic dirancang untuk dapat mengakses WIndows API.

Fungsi Windows API sendiri dapat dikategorikan menjadi lima fungsi.

  1. Windows Management Untuk membuat dan mengelola interface pemakai untuk aplikasi.
  2. Graphical Device Interface berfungsi menjalankan output grafik pada peralatan Windows.
  3. Sistem Services yang berfungsi menyediakan akses kepada sumberdaya komputer dan sistem opearasi.
  4. Remote Procedure Calss berfungsi melaksanakan komputasi terdistirbusi.
  5. Multimedia memungkinkan kamu untuk menambah WAVE audio, AVI video, MIDI, dan multimedia timer pada aplikasi.

Bahkan sekarang Visual Basic Net sudah ada yang diperuntukan dalam pemograman Internet.

Bahasa Java

Bahasa Program Java
Source: https://ignite.apache.org/

Java adalah bahasa pemgoraman yang diciptakan oleh Sun Microsystem. Bahasa ini merupakan sebuah bahasa berorientasi objek yang sangat mirip dengan C++. Java dikenal seara luas untuk platform independen, dimana program yang ditulis pada sebuah P dapat dijalankan pada Mac atau yang lain.

Demikian pembahasan mengenai bahasa pemograman yang sering dipakai. Semoga kamu dapat memetik ilmu yang penulis berikan. Terima kasih.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
BAGIKAN :

Related Posts

Chocoscience
Written By:

Chocoscience adalah maskot dari situs ilmugram. "Choco" yang berarti cokelat, dikarenakan ketika sedang memikirkan nama blog. Penulis lupa jika sedang membuat cokelat panas dan menyebabkan gagang panci terbakar. Dan "Science" yang berarti Ilmu Pengetahuan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *