in Hardware

8 Komponen Komputer PC Yang Paling Utama

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Komputer terdiri dari beberapa komponen yang terdiri dari kompenen utama dan kompenen tambahan. Perlu diketahui bahwa kedua komponen ini saling keterkaitan dan melengkapi loh. Komponen – komponen komputer ini bisa juga disebut oleh Hardware atau perangkat keras. Nah di blog ini akan dijelaskan kedua komponen ini.

Sebenarnya komponen utama penyusun dalam sistem komputer ini ada 3, yaitu Hardware (Perangkat Keras), Software (Perangkat Lunak) dan Brainware (Yang menjalankan / biasanya disebut dengan user). Nah ketiga komponen ini merupakan satu kesatuan dan tidak bisa terpisahkan dalam suatu sitem komputer. Untuk kali ini kami akan mebahas tentang Komponen Utama dalam Komputer PC.

1. Motherboard

Motherboard komputer
Source : http://netacad.com

 

Motherboard ini juga dikenal sebagai Mainboard yang merupakan tulang punggung komputer.

Seperti yang kita lihat pada gambar diatas merupakan motherboard yang seperti papan sirkuit tercetak (PCB) yang berisi bus atau jalur listrik yang menghubungkan komponen elektronik. Komponen ini mungkin di solder langsung ke motherboard atau ditambahkan dengan menggunakan socket, slot ekspansi dan port.

Ini adalah beberapa koneksi pada motherboard dimana komponen komputer dapat ditambahkan seperti gambar d atas, berikut keteerangannya:

  • Processor / CPU (Central Proccessing Unit), sederhananya CPU ini dianggap sebagai otak komputer.
  • RAM (Random Access Memory), bagian ini merupakan lokasi semestara untuk menyimpan data dan aplikasi.
  • Slot Ekspansi, bagian ini menyediakan lokasi untuk menghubungkan kompenen tambahan.
  • Chipset yang terdiri dari sirkuit terpadu pada motherboard yang mengontrol bagaimana perangkat keras sistem berinteraksi dengan CPU dan Motherboard. Disamping itu juga dapat menentukan beberapa banyak memori yang bisa ditambahkan ke motherboarddan tipe konektor pada motherboard.

Chip dasar sistem input/output (BIOS) DAN CHIP CHIP Unified Extensible Firmware Interface (UEFI) digunakan untuk membantu boot komputer dan mengatur aliran data antara hard drive, video card, keyboard, mouse, dll. Baru baru ini BIOS telah di tingkatkan oleh UEFI.

UEFI menetukan antarmuka perangkat lunak yang berbeda untuk layanan boot dan run time, namun tetap mengandalkan BIOS tradisonal untuk konfigurasi sistem power-on self test (POST) dan penyiapan.

Kebanyakan chipset terdiri dari dua tipe, anatara lain :

  • Nortbridge
    Nortbridge dapat mengontrol akses kecepatan tinggi ke RAM dan video card, di sisi lain dapat juga mengendalikan kecepatan CPU berkomunikasi dengan semua komponen lainnya di komputer. Kemampuan video terkadang terintegrasi ke dalam Nortbrigde.
  • Southbridge
    Southbrigde memungkinkan untuk CPU berkomunikasi dengan perangkat kecepatan lambat termasuk hard drive, port Universal Serial Bus dan slot ekspansi.

Contoh Ilustrasi bagaimana motherboard menghubungkan berbagai komponen:

Motherboard Hubungkan Komputer
Source : http://netacad.com

Perlu kita ketahui bahwa faktor bentuk motherboard berkaitan dengan ukuran dan bentuk papan. Hal ini juga menggambarkan tata letak fisik dari berbagai komponen dan perangkat pada motherboard. Ada banyak variasi motherboard yang dikembangkan selama ini, diantaranya :

a. ATX ( Advanced Technology eXtended)
ATX ini merupakan bentuk motherboard paliong umum. Kasus ATX mengakomodasi port I/O terpadu pada motherboard ATX standar. Catu daya ATX terhubung ke motherboard melalui konektor 20 pin tunggal.

b. Micro-ATX
Micro-ATX merupakan faktor bentuk yang lebih kecil yang dirancang agar kompatibel dengan ATX. Papan micro-ATX sering menggunakan chipset dan konektor daya Nortbrigde dan Southbrigde yang sama dengan papan ATX ukuran penuh dan oleh karena itu dapat menggunakan banyak komponen yang sama.

Umumnya Micro-ATX bisa masuk dalam kasus standar ATX. Namun, motherboard Micro-ATX jauh lebih kecil dari motherboard ATX dan slot memiliki slot ekspansi yang lebih sedikit.

c. ITX
ITX yang semakin populer karena ukurannya yang sangat kecil. Namun Mini ITX adalah salah satu yang paling populer karena menggunakan daya yang sangat kecil sehingga tidak perlu membuatnya tetep dingin. Motherboard jenis ini hanya memili satu slot PCI untuk kartu ekspansi.

2. Processor / CPU (Central Processing Unit)

Processor komputer
Source : htt:// amazonaws.com

Dalam hal daya komputasi, CPU kadang disebut sebagai proceesor yang merupakan elemen terpentingdari sebuah sistem komputer. Sebagian besar perhitungan terjadi di CPU.

CPU datang dalam berbagai faktor bentuk, masing masing gaya yang membutuhkan slot atau socket tertentu pada motherboard. Pabrikan CPU yang umum termasuk Intel dan AMD. Socket atau slot CPU adalah koneksi antara motherboard dan processor.

Socket dan processor CPU dibangun di seputar arsitektur, dibawah ini :

a. Pin Grid Array (PGA)

Socket Processor
Soure : https://netacad.com

Pada arstitektur PGA, pin beradaa di bagian bawah processor yang dimasukkan ke dalam socket CPU motherboard dengan menggunakan Zero Insertion Force (ZIF). ZIF mengacu pada jumlah pada kekuatan yang dibutuhkan untuk memasang CPU ke socket atau slot motherboard.

b. Land Grid Array (LGA)

Socket Processor
Source : http://netacad.com

Dalam arsitektur LGA, pin berada di socket dan bukan pada processor. Sebuah program adalah urutan instruksi yang tersimpan. CPU mengeksekusi instruksi ini dengan mengikuti set instruksi tertentu.

Ada dua jenis instruksi yang berbeda yang dapat diagunakan oleh CPU diantaranya :

  • Reduced InstructionSet Computer (RISC)
    Arsitektur ini menggunakan seperangkat instruksi yang relatif kecil. Chip RISC dirancang untuk mengeksekusi instruksi ini dengan sangat cepat.
  • Complex Instruction Set Computer (CISC)
    Arsitektur ini menggunakan serangkaian instruksi yang luas dan menghasilkan langkah lebih sedikit per operasi. Sementara CPU menjalankan satu langkah bahasa program, instruksi dan data yang tersisa disimpan di dekat memori khusus berkecepatan tinggi yang disebut cache.

3. RAM (Random Access Memory)

RAM Komputer
Source : https://www.defit.org/

Memory adalah perangkat yang berfungsi mengelolah data atau instruksi. Semakin besar memori yang disediakan, semakin banyak data maupun instruksi yang dapat mengolahnya.

RAM adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk menyimpan data. RAM bersifat semestara atau data yang tersimpan dapat dihapus lain halnya dengan ROM. Jenis – jenis RAM, antara lain :

a. SRAM (Static Random Access Memory)

SRAM yang merupakan chip yang digunakan sebagai cache memory. Kecepatan SRAM lebih cepat dibandingkan dengan DRAM, namun demikian harga SRAM lebih mahal dibandingkan DRAM.

b. EDORAM (Extended Data Out Dynamic Random Access Memory)

EDORAM merupakan RAM yang kepingannya terdiri dari 72 pin dan umumnya pada PC yang menggunakan processor Intel Pentium 1 dan AMD ke -5 dan ke -6. RAM ini harus dipasang pada socketnya dalam jumlah genap (minimal terdiri dari 2 keping) dan memiliki Bus Speed sebesar 66 Mhz atau PC 66.

c. SDRAM (Synchronous Random Access Memory)

SDRAM ini adalah DRAM yang beroperasi dalam sinkronisasi dalam bus memori. Bus memori adalah jalur data antara CPU dan memori utama. Sinyal kontrol digunakan untuk mengkoordinasikan pertukaran data antara SDRAM dan CPU. RAM ini mempunyai kemampuan kecepatan lebih dari EDORAM dan kepingannya terdiri dari 168 pin.

Biasanya digunakan dalam PC dengan Processor Intel Pentium 1, Pentium II, Pentium III, AMD ke -5, AMD ke -6 dan AMD ke -7 dengan memilik Bus Speed 66 Mhz (PC 66 Mhz) dan PC 100 Mhz.

d. DRAM (Data Random Access Memory)

DRAM adalah chip memori yang digunakan sebagai memori utama. DRAM harus selalu di segarkan dengan pulsa eletrik untuk menjaga data yang tersimpan dalam chip.

e. DDRAM (Double Data Random Access Memory)

Perlu diketahui bahwa kecepatan DDRAM sekitar dua kali lipat lebih cepat dibandingkan SRAM. Sebenarnya DDRAM hampir sama dnengan SDRAM, namun memiliki kemampuan kerja yang lebih tinggi. Dengan Bus Speed sebesar 133 Mhz atau PC 133 Mhz. Umumnya digunakan pada PC dengan processor Intel Pentium III, Pentium IV, AMD Duron, AMD Althon.

f. RDRAM (Rambus Dynamic Random Access Memory)

RAM yang menggunakan RIMM (Rambus In Line Memory Module) sebagai socketnya dengan ukuran yang lebih kecil dari DIMM (Socket yang digunakan untuk SDRAM dan DDRAM). Dengan Bus Speed sebesar 800 Mhz umumnya digunakan pada PC dengan processor Intel Pentium I.

g. VGRAM (Video Graphic Random Access Memory)

RAM yang digunakan secara khusus pada video adapter atau video card, yang berfungsi untuk mendukung video adapter dalam menghasilkan tampilan proses yang sedang atau yang telah berlangsung pada komputer. Besarnya kapasitas VGRAM akan menetukan kualitas gambar atau tampilan yang dihasilkan oleh video adapter tersebut.

h. NVRAM (Non-Volatile Random Access Memory)

NVRAM yang merupakan jenis RAM yang menggunakan baterai Litium di dalamnya sehingga data yang tersimpan tidak akan hilang meskipun catu daya dimatikan.

Namun RAM juga memiliki tipe – tipe RAM, diantaranya :

a. DDR

Double Data Rate SDRAM adalah memori yang kecepatan transfer datanya mencapai dua kali lipatnya SDRAM. DDR SDRAM ini dapat meningkatkan kinerja dengan menstransfer data dua kali per siklus clock nya.

b. DDR 2

Double Data Rate 2 SDRAM ini lebih cepat dibandingkan DDR SDRAM memory. DDR2 SDRAM dapat juga meningkat kinerja melalui DDR SRAM dengan mengurangi noise dan crosstalk antar kabel sinyal.

DDR 3

Double Date Rate 3 SDRAM ini dapat memperluas bandwidht memori dengan menggandakan clock rate dari DDR 2 SDRAM. DDR3 SDRAM mengkomsumsi lebih sedikit daya dan menghasilkan panas lebih sedikit dari DDR2 SDRAM.

DDR 4

Double Data Rate 4 SDRAM ini kapasitas penyimpanannya maksimum empat kali lipat DDR3 dan membutuhkan daya sebesaar 40% lebih sedikit karena menggunakan voltase lebih rendah dan memiliki fitur koneksi error lanjutan.

4. ROM (Read Only Memory)

ROM Komputer
Source : http://wondershare.com

Sesuai dengan namanya ROM adalah memori yang hanya dapat dibaca. Chip ROM terletak pada motherboard dan papan sirkuit lainnya dan berisi petunjuk yang bisa langsung diakses oleh CPU. Instruksi yang tersimpan dalam ROM mencakup instruksi operasi dasar seperti booting komputer dan memuat sistem operasi.

Perlu diketahui juga baha chip ROM menyimpan isinya bahkan saat komputer dimatikan. Isinya tidak bisa dihapus atau diganti dengan mudah. ROM kadang disebut firmware, terkadang ini juga menyesatkan karena firmware sebenarnya adalah perangkat lunak yang tersimpan dalam chip ROM.

Meskipun demikian, dalam perkembangannya istilah ROM ini memori hanya membaca dan tidak lagi saat hadirnya MPROM, PROM, EPROM, EEPROM dan Flash ROM. Berikut penjelasannya :

MROM (Mask Programmed ROM)

MROM ini sering disebut dengan ROM, namun hanya dapat di program satu kali. Pemograman ini biasanya dilakukan oleh pabrik pembuat. Disebut Mask Programmed ROM, karena proses pemograman dilakukan dengan menggunakan sejumlah mask (penutup). Sekali telah di program, sebuah MROM hanya dapat dibaca dan program di dalamnya tidak dapat diubah lagi. Pembuatan MROM sangatlah mahal dan karena itulah MROM hanya digunakan kalau jumlah yang diperlukan sangat besar sehingga harga dapat kita tekan.

PROM (Programmable Read Only Memory)

PROM merupakan sebuah chip memory yang hanya dapat diisi data satu kali saja. Sekali saja program dimasukkan ke dalam sebuah PROM, maka program tersebut akan berada pada PROM seterusnya. Berbeda halnya dengan RAM, pada PROM data akan tetap ada walaupun komputer dimatikan. Sekali PROM digunakan, kita tidak akan dapat membersihkan dan menyimpan kembali data lainnya.

EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory)

EPROM adalah jenis khusus PROM yang dapat dihapus dengan bantuan sinar ultra violet. Setelah di hapus, EPROM dapat di program lagi. EEPROM hampir sama dengan EPROM, hanya saja untuk menghapus datanya memerlukan arus listrik.

EEPROM (Elecrically Erasable Programmble Read Only Memory)

EEPROM merupakan tipe khusus dari PROM yang bisa di hapus dengan memakai perintah elektris. Seperti juga tipe PROM lainnya, EEPROM dapat menyimpan isi datanya, bahkan saat listrik sudah dimatikan.
Sebenarnya EEPROM ini sangat mirip dengan Flash memory yang disebut juga flash EEPROM. Perbedaannya mendasar antara flash memory dan EEPROM adalah penulisan dan penghapusan EEPROM dilakukan pada data sebesar satu byte, sedangkan pada flash memory penghapusan dan penulisan data ini dilakukan pada data sebesar satu block. Oleh karena itu Flash Memory lebih cepat.

Flash Memory / Memory Flash

Memory flash atau terkadang disebut juga dengan flash memori merupakan sejenis EEPROM yang mengizinkan banyak lokasimemori untuk di hapus atau di tulis dalam satu sistem operasi pemograman. Istilah awamnya dia adalah suatu bentuk chip yang dapat ditulis, tidak seperti chip memory akses acak/RAM, memory ini dapat menyimpan datanya juga tanpa membutuhkan penyedia listrik. Nah biasanya memori ini digunakan dalam kartu memori, kandar kilat USB (USB Flash Drive), pemutar mp3, kamera digital dan telepon genggam.

5. Video Card / VGA (Video Grapichs Accelerator)

VGA Komputer
Source : http://cdn3.techadvisor.co.uk

VGA ini berfungsi untuk mengolah data grafik dan ditampilkan di layar monitor. Nah VGA sendiri ini juga memiliki sebuah proccessor yang dinamakan GPU (Graphics Processor Unit) dan membutuhkan memory juga.

Era sekarang, motherboard yang beredar dipasaran banyak yang menggunkan VGA on board sehingga anda tidak perlu membeli VGA card lagi, hal ini sangat membantu menghemat biaya pengeluaran.

Kalian pasti bingung, bedanya VGA On-Board dan VGA terpisah dengan motherboard?

Jadi, VGA On-Board tidak memiliki memory sehingga VGA On-Board menggunakan kapasitas RAM yang ada di dalam komputer untuk bekerja, sehingga akan membuat kinerja RAM menjadi lambat, tapi sekarang beberapa produsen motherboard sudah meluncurkan motherboard dengan VGA On-Board dan memiliki memory tersendiri.

Selain itu juga VGA On-Board mempunyai kinerja yang lebih rendah bila dibandingkan dengan VGA eksternalnya, tapi jika komputer tidak terlalu digunakan untuk bermain game terutama game 3d yang terbaru yang membutuhkan kapasits VGA yang lebih besar maka masih bisa menganlkan VGA onBoard yang dimiliki, sekarang banyak motherboard dengan VGA On Board yang bisa menandingi bahkan mengungguli kinerja VGA eksternal.

Perlu diketahui juga bahwa VGA On Bord berbentuk lebih kecil dengan VGA eksternal, hal ini bertujuan untuk menghemat biaya penmbuatannya, disamping itu juga ukuran kecil ini biasa disebut dengan micro-ATX.

6. Harddisk

Harddisk Komputer
Source : https://upload.wikimedia.org

 

Hard disk atau terkadang yang disebut dengan sebutan Hard Drive merupakan ruang simpan utama dalam sebuah komputer, dan disinilah seluruh sitem operasi dan mekanisme kerja kantor dijalankan, setiap data dan informasi disimpan.

Dalam sebongkahan harddisk ini, terdapat berbagai macam ruang ruang kecil ( direktori, folder, subdirektori, dan subfolder) yang masing masing di kelompokkan berdasarkan fungsi dan kegunaanya dan tepatnya data data tersebut diletakkan disitu.

Ruang kecil dalam hard disk bekerja dalam logika saling tergantung. Data/informasi dalam satu ruang kadangkala diperlukan untuk menggerakan data/informasi yang berada di ruang lain. Ada ruang dimana data di dalamnya tidak boleh di otak atik atau dipindahkan ke tempat lain, ada ruang dimana kita bisa membuang dan menaruh data secara bergantian sesuai kebutuhan.

Harddisk terdiri atas beberapa komponen penting. Komponen utamanya adalah pelat (platter) yang berfungsi sebagai penyimpan data. Pelat ini adalah suatu cakram padat yang berbentuk bulat datar, kedua sisi permukaannya dilapisi dengan material khusus sehingga memiliki pola-pola magnetis. Pelat ini ditempatkan dalam suatu poros yang disebut spindle.

7. Power Supply Unit (PSU)

Power Supply Komputer
Source : http://images.techhive.com

PSU ini berfungsi untuk mengubah tegangan listrik (AC 220/230/240 V, 110/120 V) agar bisa digunakan oleh komputer (DC 3,3 V, 5 V, 12 V). Besarnya listrik yang mampu ditangani power supply ditentukan oleh dayanya dan dihitung dengan satuan watt.

Power supply adalah sebuah perangkat yang ada di dalam CPU yang berfungsi menyalurkan alur listrik ke berbagai peralatan komputer.

Power supply yang kualitasnya kurang baik dapat menghasilkan tegangan DC yang tidak rata atau tidak imbang serta banyak riaknya (ripple). Jika digunakan dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan kerusakan pada komponen komputer itu sendiri dan contohnya Harddisk.

Salah satu komponen penting pada power supply adalah pendingin (cooling). Dilengkapi dengan minimal sebuah kipas.

a. Konektor 20 pin ATX

20 pin konektor ATX yang memasukkan ke dalam sebuah motherboard atx. Jika motherboard Anda memiliki slot untuk 20 pin konektor yang diperlukan untuk Motherboard.

b. Konektor 24 pin ATX

Beberapa motherboard memerlukan 24 pin ATX Connector. Daya pada power supply 430W dan 500W, baik dengan 20 dan 24 pin konektor.

c. Molex Connector

Ini adalah IDE konektor yang pasokan daya ke hard drive dan cdroms.

d. Konektor floppy

4 pin konektor floppy pasokan daya ke floppy drive yang dapat di komputer Anda.

e. Konektor Aux

Look pada motherboard dan lihat apakah ada slot yang menerima 6 pin konektor Aux. Jika ada slot untuk itu maka kemungkinan anda akan membutuhkannya.

f. Konektor SATA

Hard drive dan perangkat lain dengan konektor sata. Jika Anda memiliki perangkat komputer dengan koneksi sata maka anda yang membutuhkan power supply dengan konektor sata. Salah satunya adalah XPower 550 Watt Power Supply.

8. Soundcard

Soundcard Komputer
Source : http://thumbnails103.imagebam.com

Sound card diperlukan untuk mendengarkan suara hasil olahan komputer, jika ingin merakit komputer maka lebih baik membeli motherboard yang sudah terpasang sound card didalamnya.

Kualitas Sound Card banyak dipengaruhi oleh chip DAC (Digital Analog Converter), yaitu alat yang merubah data digital menjadi analog.

Dalam pemilihan Sound Card perlu diperhatikan tentang sound card antara lain :

  • Jenis chip
  • DAC
  • Playback quality; 24bit/192khz merupakan kualitas yang terbaik
  • Recording:24bit/96khz adalah yang terbaik
  • Respon frekuensi
  • SRN Rasio 106-108dB
  • Hardware acceleration yang berguna untuk mengurangi beban prosesor
  • Dukungan playback 7.1 ASIO 2.0 EAX untuk games, THX untuk film,PCM/MLP(DVD)
  • Koneksi yang tersedia berupa coaxial atau optikal.

Demikian pembahasan komponen utama pada komputer PC. Semoga bermanfaat…

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
BAGIKAN :

Related Posts

Chocoscience
Written By:

Chocoscience adalah maskot dari situs ilmugram. "Choco" yang berarti cokelat, dikarenakan ketika sedang memikirkan nama blog. Penulis lupa jika sedang membuat cokelat panas dan menyebabkan gagang panci terbakar. Dan "Science" yang berarti Ilmu Pengetahuan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *