in Internet

Kenali Jaringan Internet 5G Terbaru

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Kecepatan Internet 5g
Spurce: http://www.rcrwireless.com

Mungkin kalian sudah merasakan kecepatan dari 4G LTE yang luar biasa, download 100 MB hanya membutuhkan beberapa detik. Tapi apakah kalian pernah membayangkan kecepatan teknologi internet 5G?

Kecepatant Internet 5G

Jaringan internet 5G diperkirakan memiliki kecepatan internet yang bisa dikatakan kecepatan “dewa”, kok bisa? Bayangkan, meski kamu sedang naik kereta dengan kecepatan 500 kilometer per jam. Kamu tetap bisa berinternetan dengan lancar jaya.

Penjelasan mengenai teknologi internet 5G sendiri belum dirilis secara resmi oleh perusahaan-perusahaan pengembangnya. Menurut Mobile World Congress (MWC), 5G belum dapat dipastikan bagaimana dan kapan akan mulai diluncurkan, walaupun beberapa perusahaan seperti Nokia dan NTT DoComo sudah mengklaim bahwa teknologi 5G akan mulai diluncurkan pada tahun 2020 di Jepang.

Namun, ada beberapa perbedaan pendapat mengenai prediksi kecepatan yang bakal diberikan teknologi 5G. Samsung menyebut teknologi 5G mencapai 7,5 Gigabites per detik (Gbps), sedangkan nokia mengklaim kecepatan 5G hingga 10 Gbps. Hasil penelitian Universitas Surrey mengklaim bahwa kecepatan teknologi 5G mampu sampai 1 Terabites per detik (Tbps).

Entah mana yang benar, tetap saja WOW banget. Kamu bisa download file dengan ukuran Bergiga-giga dengan sekali kedipan!

Negara Yang Sudah Uji Coba Internet 5G

Mungkin di Indonesia sendiri masyarakat baru mengenal teknologi 4G LTE (Long Term Evolution) dan belum merata secara kesuluruhan. Tapi tidak dengan negara-negara di luar indonesia. Tercatat sudah ada 200an negara di dunia yang sekarang sudah menggunakan jaringan internet 4G LTE secara menyeluruh.

Seperti dikutip dari AFP, dikabarkan bahwa Pemerintah Korea Selatan mengumumkan tengah mengembangkan teknologi jaringan internet generasi kelima, atau biasa dikenal dengan jaringan internet 5G.

Negara dengan sinyal 5G
Source: http://telecomtv.com

Teknologi internet 5G sebenernya sudah pernah di uji coba pihak Samsung pada Mei 2013 lalu. Samsung pun sudah menklaim bahwa uji coba internet 5G sukses. Samsung berhasil menguji coba platform yang memakai 28GHz Waveband, untuk mentransimisi data dalam kecepatan mencapai 1Gbps. Ini mengisyaratkan bahwa kemungkinan besar perngkat gadget smartphone pertama yang berteknologi internet 5G adalah Samsung.

Korea Selatan memang sudah dikenal sebagai salah satu negara dengan kecepatan interntet yang super. Jika kalau nantinya Jaringan 5G ini berhasil diterapkan secara umum, maka diharapkan dapat membantu laju perekonomian sebuah negara.

Kapan Indonesia Mendapatkan Kecepatan 5G

Indonesia salah satu sebagai pasar teknologi internet terbesar di dunia melihat teknologi 5G sebagai solusi teknologi komunikasi di masa depan. Penyebabnya dikarenakan geografis Indonesia yang merupakan negara kepulauan, oleh akrena itu teknologi fiber optic merupakan sesuatu yang sangat mahal karena harus menyebrangi begitu banyak lautan.

Di Indonesia saat ini berkembang teknologi Massive MIMO yang dikembangkan oleh operator Smarfren bekerja sama dengan perusahaan teknologi ZTE. Teknologi Massive MIMO merupakan gerakan awal untuk menyambut era Internet 5G pada 2020 yang akan diluncurkan Indonesia. Teknologi Massive MIMO sendiri saat ini sudah digunakan untuk pengoptimalan jaringan 4G agar lebih cepat dan stabil.

Menurut ZTE, teknologi Massive MIMO dapat diterapkan perusahaan operator selular yang sudah berbasis TTD (Tanda Tangan Digital). Namun, saat ini di Indonesia sendiri baru ada satu operator selular yang menggunakan teknologi TTD, yaitu Smartfren.

Demikian pembahasan tentang Teknologi Jaringan Internet 5G, semoga bisa menjadi tambahan pengetahuan ilmu kamu. Dan penulis berharap semoga Negara Indonesia Cepat mendapatkan atau mengadakan Sinyal 5G. Sekian dan Terima kasih, Sampai bertemu di artikel berikutnya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
BAGIKAN :

Related Posts

Chocoscience
Written By:

Chocoscience adalah maskot dari situs ilmugram. "Choco" yang berarti cokelat, dikarenakan ketika sedang memikirkan nama blog. Penulis lupa jika sedang membuat cokelat panas dan menyebabkan gagang panci terbakar. Dan "Science" yang berarti Ilmu Pengetahuan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *