in Software

Hal Yang Perlu Kamu Tahu Mengenai Linux Ubuntu

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Seputar Linux Ubuntu
Source: https://www.flickr.com

Telah dijelaskan pada artikel sebelumnya soal sistem opersi Linux, Linux biasanya dikemas dalam berbagai distro. Salah satu distro Linux yang paling polpuler saat ini adalah Ubuntu. Sejak kemunculannya pada oktober 2004, Ubuntu hampir selalu menempati ranking pertama di situs polling pengguna Linux, Distrowatch (www.distrowatch.com), mengalahkan ratusan distro lainnya. Ini mengindikasikan Ubuntu sangat disukai dan memiliki banyak penggemar.

Pemilik Linux Ubuntu

Kemudahan penggunaan dan penambahan fitur yang memadai merupakan sejumlah alasan pengguna komputer memilih Ubuntu. Reputasi perusahaan pengembangnya, yaitu Canonical Ltd. juga ikut mendongkrak kepopuleran Ubuntu. Perusahaan ini memiliki dukungan komunitas dan tenaga profesional.

Mark Shuttlewor Ubuntu Founder
Source: https://www.pinterest.com

Canonical didirikan oleh Mark Shuttleworth, pengusaha nyentrik kelahiran Afrika Selatan yang kemudian bermukim di London. Dilihat dari profil pendirinya, tidak heran jika nama Ubuntu diambil dari bahasa Afrika kuno. Artinya “humanity to others”, yang jika dipadankan dengan Bahasa Indonesia kurang lebih berarti peri kemanusiaan terhadap sesama manusia. Shuttleworth mensponsori proyek Ubuntu pada 2004, dengan tujuan membawa semangat yang terkandung dalam Ubuntu ke dunia piranti lunak.

Asal Nama Ubuntu

Ubuntu dibuat berbasiskan distro Debian. Seperti halnya distro Linux lainnya, Ubuntu mengusung lisensi GNU GPL (General Public License). Software dengan lisensi GNU GPL mengizinkan pengguna untuk secara bebas menggunakan, memperbanyak, mendistribusikan, mempelajari, melakukan perubahan, dan mengembangkan software.

Hal tersebut sesuai dengan filosofi Ubuntu yaitu perangkat lunak harus bisa tersedia secara gratis dan tanpa biaya lisensi, harus dapat digunakan dalam bahasa lokal masing-masing dan untuk orang-orang dengan keterbatasan fisik, serta bersifat open source sehingga pengguna bisa bebas mengubah dan menyesuaikan dengan kebutuhan komputasi mereka.

Varian Ubuntu

Selain populer, Ubuntu juga diketahui memiliki paling banyak distro varian, seperti Kubuntu, Xubuntu, dan Edubunt.

Varian Ubuntu, Kubuntu, Xubuntu, Edubuntu
Source: http://www.itechwhiz.com

– Linux Kubuntu

Kubuntu adalah salah satu subproyek dari Ubuntu. Seperti Ubuntu, Kubuntu juga merupakan sistem operasi komputer. Konfigurasi Kubuntu terutama ditujukan untuk anak-anak usia TK dan SD. Kubuntu juga ideal digunakan oleh anak-anak di rumah.

Sistem ini sengaja dibuat agar menyenangkan bagi anak-anak sehingga terciptanya antusiasme yang penting dalam proses pembelajaran. Kubuntu selalu menawarkan versi baru yang semakin disempurnakan sehingga semakin menarik untuk penggunanya terutama anak-anak.

– Linux Shubuntu/Xubutu

Shubuntu adalah kesalahan ejaan yang umum dari proyek Ubuntu yang dikenal sebagai Xubuntu. Shubuntu, atau lebih tepat, Xubuntu, juga merupakan keluarga dari Linux. Tidak seperti Ubuntu yang menggunakan GNOME desktop environment, Xubuntu berjalan dengan konfigurasiyang berbeda yaitu desktop Xfce.

Xfce menggunakan sumber daya lebih sedikit sehingga menjadi pilihan lebih baik bagi komputer lama dengan kapasitas harddisk yang minim alias kecil. Sama seperti Kubuntu, Xubuntu juga ditujukan bagi anak-anak.

– Linux Edubuntu

Edubuntu juga merupakan subproyek Ubuntu. Seperti Shubuntu dan Kubuntu, Edubuntu dirancang untuk digunakan di bidang edukasi seperti sekolah-sekolah dan ruang kelas.

Bedanya, Edubuntu dirancang untuk digunakan oleh anak-anak dengan usia lebih tua atau remaja. Edubuntu mencakup sejumlah fitur yang memungkinkan pengajar melakukan fungsi administrator dalam membuat modul untuk tujuan pengajaran.

Pendidik tidak perlu memiliki pengetahuan komputer expert untuk menggunakan sistem operasi ini, tentunya tambahan sedikit pengetahuan teknis tentu akan membantu. Edubuntu juga membutuhkan lebih sedikit sumber daya sehingga berguna saat digunakan pada komputer keluaran lama

Hal Unik di Linux Ubuntu

Kemunculan versi terbaru Ubuntu selalu mendapat perhatian dari para penggemarnya. Dalam setiap rilisnya, Ubuntu selalu menyertakan nama kode yang unik, berikut nomor versinya. Nama kode diambil dari nama binatang, sedang nomor versinya dibuat berdasarkan tahun dan bulan rilisnya.

Sebagai contoh Ubuntu 9.10 memiliki nama kode Kormic Koala (lambangnya sesuai namanya, yaitu seekor koala). Nomor kode 9 menunjukkan tahun keluarnya yaitu 2009 sedangkan angka 10 menunjukkan angka 10 bulan rilisnya adalah bulan kesepuluh, yaitu oktober..

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
BAGIKAN :

Related Posts

Chocoscience
Written By:

Chocoscience adalah maskot dari situs ilmugram. "Choco" yang berarti cokelat, dikarenakan ketika sedang memikirkan nama blog. Penulis lupa jika sedang membuat cokelat panas dan menyebabkan gagang panci terbakar. Dan "Science" yang berarti Ilmu Pengetahuan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *