in Software

Cara Mempercepat Kinerja Linux Ubuntu dan Mint

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Cara Mempercepat Kinerja Linux
Source : http://cdn.makeuseof.com

Banyak orang berkata bahwa kinerja Linux itu cepat dan responsive. Namun mungkin diantara kalian ada yang telah menjajal Linux dan ternyata hasilnya tidak sesuai dengan yang kamu harapkan. Ini bukanlah kesalahan dari Linux itu sendiri. Akan tetapi, Linux tidak mengatur secara default agar kinerjanya maksimal. Karena ditakutkan akan terjadi suatu bug yang dapat mengganggu kinerja Linux itu sendiri.

Cara mempercepat kinerja Linux itu ada caranya sendiri, dan akan di bahas artikel ini. Sebelum masuk lebih dalam, penulis ingin memberikan pola pikir “Linux itu bisa melakukan optimasi sesuai kebutuhan pengguna”. Oke, langsung saja berikut beberapa tips dan cara mempercepat kinerja Linux.

BACA JUGA : Sistem Operasi Yang Ada Di Dunia Dan Yang Jarang Diketahui Orang

Lakukan Update Setelah Install

Ini wajib dilakukan ketika kamu selesai melakukan instalasi sistem operasi Linux kamu. Apa saja yang harus di update dan bagaimana caranya? Untuk detailnya kamu bisa membaca di artikel blog ini yang berjudul apa yang harus dilakukan setelah menginstall Linux Ubuntu atau Mint.

Berikut perintah dasar untuk mengupadate Linux

sudo apt-get update && sudo apt-get upgrade

Atau dengan menuju Menu >> Update Manager >> Buka Update Manager

Tingkatkan Penggunaan Sistem Memory (RAM)

Untuk meningkatkan penggunaan sistem memori adalah dengan menurunkan value swappiness pada Linux. Dengan melakukan cara :

a. Cek value swappiness

cat /proc/sys/vm/swappiness

b. Buka file untuk memasukkan value swappiness

gksudo xed /etc/sysctl.conf

c. Taruh kode berikut di paling bawah file tersebut dan simpan

# Decrease swap usage to a more reasonable level
vm.swappiness=10

*Silahkan reboot Linux kamu, atau bisa nanti setelah melakukan semua tutorial di artikel ini.

Pasang Preload

Fungsi dari  perload itu sendiri adalah memonitor aplikasi yang dijalankan, dengan menganalisis data dan akan memprediksi aplikasi apa yang mungkin kamu jalankan. Selanjutnya akan mengambil binari dan dependensinya ke dalam memori.

Untuk memasang preload di Linux, kamu hanya perlu memberikan perintah di dalam terminal seperti ini :

sudo apt-get install preload

*Preload berjalan di latar belakang, jadi tidak akan ada tampilan aplikasinya. Tapi efeknya terasa dimana Linux kamu menjadi cepat.

Pasang Prelink

Hampir semua aplikasi di Linux memanfaatkan pustaka, dimana digunakan bersamaan (shared libraries). Nah pustaka ini harus dimuat ke memori ketika aplikasi dijalankan dan banyak code atau simbol yang harus diterjemahkan.

Pada kebanyakan sistem, pustaka tidak terlalu sering berganti dan ketika suatu program berjalan, operasi yang dijalankan untuk mengkaitkan program hampir selalu sama. Prelink memanfaatkan situasi ini dengan menyimpan hal itu didalam bentuk binari. Maka dapat disimpulkan Prelink bisa mempersingkat waktu yang diperlukan untuk membuka sebuah aplkasi.

Perintah untuk menginstal Prelink di Linux adalah :

sudo apt-get install prelink

Pasang AutoClean

Perintah ini akan mebuat Linux melakukan pembersihan secara otomatis terhadap data yang sudah tidak terpakai di sistem.

sudo apt-get autoclean

BACA JUGA : Cara Menambah Fitur Dan Mengubah Tampilan Linux Menjadi Seperti Mac

Kurangi Startup Applications

Pada proses booting beberapa software bisa dikatakan tidaklah begitu penting untuk dijalankan, maka agar Linux berjalan lebih cepat. Kamu wajib menentukan software mana saja yang benar-benar perlu berjalan otomatis saat booting.

Silahkan buka menu dan ketik “startup applications”, kemudian matikan proses yang menurutmu tidak kamu perlukan.Tentukan Startup Linux

Matikan Grub Boot Menu

Dengan mematikan grub boot menu di Linux, maka Linux tidak perlu mencari-cari file boot terlebih dahulu. Maka Linux akan terasa lebih cepat saat Booting.

sudo gedit /etc/default/grub

Cari tulisan “GRUB_TIMEOUT” di file tersebut dan ubah menjadi kosong.

GRUB_TIMEOUT=0

Setelah melakukan semua proses yang diatas tadi, segera lakukan reboot. Agar perintah-perintah diatas dapat ter-aplikasikan secara sempurna.

Sekian pembahasan mengenai cara mempercepat kinerja dari Linux. Semoga berhasil dan Linux makin cepat saat kamu gunakan. Terima Kasih.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
BAGIKAN :

Related Posts

Chocoscience
Written By:

Chocoscience adalah maskot dari situs ilmugram. "Choco" yang berarti cokelat, dikarenakan ketika sedang memikirkan nama blog. Penulis lupa jika sedang membuat cokelat panas dan menyebabkan gagang panci terbakar. Dan "Science" yang berarti Ilmu Pengetahuan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *